Business

Blogger news

Cara Memandikan Bayi Lengkap Gambar dan Video



tutorial lengkap cara memandikan bayi

Hallo Bunda…

Saat Bunda dan bayi telah berada di rumah setelah keluar dari rumah sakit/puskesmas setelah proses pesalinan, sekarang saatnya Bunda dan suami untuk mengasuh dan merawat bayi tersayang. Hal penting yang harus diketahui adalah cara memandikan bayi yang baru lahir.

Memandikan bayi yang baru lahir sangat berbeda dengan cara mandi bayi usia satu tahun keatas. Pada kondisi ini kondisi fisik bayi yang baru lahir masih sangat lemah sehingga perawatan harus hati-hati. Jika salah memandikan maka bisa berdampak bayi kesayangan bisa sakit.

Berikut JagaBayi memberikan panduan lengkap bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir secara benar. Panduan ini dilengkapi gambar ilustrasi supaya Bunda dan suami bisa mudah memahami dan mempraktekkannya.

Tahapan pertama untuk memandikan bayi adalah mempersiapkan perlengkapan mandi sebagai berikut

  1. Loyang mandi bayi
  2. Sabun dan shampoo bayi
  3. Handuk

Air yang akan digunakan untuk mandi harus hangat, sekira 36-37 derajat celsius. Cara mengetahui suhu air yang tepat adalah menyentuh permukaan air dengan pergelangan tangan bagian bawah. Jangan pernah memandikan bayi dengan air yang suhunya lebih dari 40 derajat celsius atau dengan air dingin. Tubuh bayi masih sangat rentan dengan suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Bisa-bisa bayi kesayangan sakit masuk angin jika mandi menggunakan air dingin atau kulitnya memerah karena air yang terlalu panas.

Gendong bayi dan masukkan bayi secara perlahan dalam air. Selalu perhatikan jangan sampai bayi terlepas dan jatuh kedalam air. Usahakan bayi dalam posisi setengah rebah dan mulai siramkan air secara perlahan menggunakan tangan. Selanjutnya gosok tubuh bayi dengan spons khusus yang telah diberi sabun. Bersihkan sisa sabun dengan air dengan cara disiram sedikit demi sedikit.



Saat ini banyak dijual peralatan mandi bayi yang lebih memudahkan Bunda untuk memandikan bayi tersayang. Bunda bisa memilih produk mana yang dirasa sesuai dan berguna untuk digunakan.



Contoh tempat mandi bayi yang banyak dijual saat ini

Setelah bayi diangkat dari loyang mandi, segera baringkan bayi di kasur untuk selanjutnya mengelap semua sisa air pada tubuh bayi. Setelah itu gosokkan minyak talon pada badan bayi supaya dia merasa nyaman dan hangat.

Setelah selesai berpakaian maka Bunda jangan lupa memakaikan bedong supaya bayi kesayangan tetap hangat.


Berikut adalah video tutorial cara memandikan bayi yang benar


Cara Memandikan Bayi Lengkap Gambar dan Video Cara Memandikan Bayi Lengkap Gambar dan Video Reviewed by Unknown on 00.18 Rating: 5

2 komentar:

  1. Terima kasih atas perkongsian penuh bermanfaat ini yer.. Langkah keselamatan semasa memandikan bayi amatlah penting utk mengelakan sebarang kecelakaan daripaa berlaku

    Salam sayang,
    Babysuri.com

    BalasHapus
  2. wah baru tau ada peralatan mandi bayi kaya gitu... jadi makin praktis ya sekarang.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.