Business

Blogger news

Larangan Ibu Hamil yang Harus Dipatuhi

perhatikan larangan ibu hamil saat menanti kelahiran calon bayi
Hallo Bunda....
Bagaimana perasaan saat ini setelah mengetahui Bunda telah hamil? Pasti sekarang Bunda sangat bersukacita karena harapan untuk hamil telah tercapai. Sebelum lebih larut dalam kegembiraan, sebaiknya Bunda mengetahui larangan ibu hamil yang harus dipatuhi.

Saat hamil, seorang perempuan menjadi lebih istimewa. Ada beberapa hal yang harus berubah untuk kebaikan dan kesehatan Bunda dan calon bayi. Terlebih saat Bunda sedang hamil muda, banyak faktor yang harus diperhatikan supaya tidak muncul resiko saat kehamilan.

Banyak mitos yang terus beredar terkait larangan ibu hamil. Terlebih orangtua kita sering melarang Bunda melakukan hal-hal tertentu padahal sepertinya hal tersebut sangat tidak masuk akal secar medis dan logika.
Dalam artikel ini JagaBayi akan mengulas lengkap larangan ibu hamil berdasarkan tinjauan medis dan logika kesehatan. Simak dengan seksama yaa Bunda..

Larangan Berpakaian
Saat diketahui telah hamil, banyak orang yang menganjurkan Bunda untuk merubah sedikit gaya berpakaian. Bunda yang sebelumnya berpenampilan modis dan seksi kini dianjurkan untuk tidak mengenakan pakaian atau aksesoris lain. Kita ulas perubahan cara berpakaian untuk ibu hamil.

Jangan mengenakan high heels
Orangtua kita pasti langsung cerewet dan melarang Bunda mengenakan sepatu hak tinggi. Hal ini bukan mitos karena penggunaan sepatu high heels membuat resiko terjatuh lebih tinggi. Saat hamil, kejadian terjatuh harus dihindari karena benturan serta kontraksi otot perut secara tiba-tiba sangat berpengaruh pada janin.

Alasan kedua adalah penggunaan sepatu hak tinggi membuat Bunda mengeluarkan tenaga lebih banyak saat berjalan dibanding menggunakan sepatu datar atau hak rendah. Otot betis, paha, sampai panggul bekerja ekstra saat berjalan. Dampaknya adalah Bunda bisa kelelahan walau berjalan beberapa puluh meter. Saat hamil, terlebih hamil muda, bunda harus menghindar dari kondisi kelelahan. Bahkan dokter menganjurkan ibu hamil untuk lebih banyak beristirahat. Tubuh yang terlalu lelah bisa berdampak pada kondisi janin dan hal paling parah yang bisa terjadi adalah keguguran pada kondisi janin yang lemah.

Sebaiknya Bunda mematuhi larangan ibu hamil ini. Banyak model sepatu hak rendah yang didesain tetap tampil modis. Efek lain penggantian model sepatu ini adalah orang disekitar Bunda cenderung lebih mudah menebak kalau Bunda telah hamil dan tentunya akan memberikan perhatian ekstra bagi Bunda.

Jangan Mengenakan Pakaian Ketat
contoh penggunaan pakaian dan sepatu yang tidak baik untuk ibu hamil Bunda yang sedang hamil harus merubah gaya berbusana. Dalam kondisi hamil, bagian perut tentu akan semakin membesar seiring usia kehamilan. Pada bulan-bulan pertama masa kehamilan, Bunda dianjurkan tidak mengenakan celana yang ketat pada bagian pinggang, seperti jeans. Sebaiknya pilih bahan celana atau rok yang sedikit elastis supaya bagian rahim tidak mengalami tekanan.

Saat perut semakin membesar, pakaian berbahan ketat sudah sangat dilarang. Selain dapat memberikan tekanan pada bagian rahim, pakaian yang ketat juga sangat buruk untuk dilihat. Pilihlah pakaian dress yang longgar pada bagian bawah.

 Larangan Makanan Tertentu
Bunda dianjurkan menghindari atau bahkan tidak menkonsumsi beberapa janis makanan saat hamil. Berikut daftar makanan yang masuk daftar larangan ibu hamil.

Makanan mentah
Bunda dianjurkan tidak mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang. Bahkan telur yang dimasak setengah matang dianjurkan tidak dikonsumsi saat hamil. Alasannya adalah daging (ikan atau daging lainnya) kemungkinan besar mengandung banyak bakteri. Dalam kondisi mentah atau setengah matang, bakteri ini bisa memasuki tubuh dan mengganggu kesehatan Bunda.

Makanan yang bisa memicu tekanan darah tinggi
Bunda pasti telah mengetahui kalau penyakit darah tinggi berbahaya untuk ibu hamil. Makanan dapat memicu tekanan darah tinggi harus dihindari. Jenis makanan itu misalnya olahan makanan yang mengandung banyak garam (makanan ringan/snack), daging merah (sapi/kambing), buah durian, kopi, dan beberapa jenis makanan lainnya.

Beberapa tahun lalu saat JagaBayi mengandung anak pertama, saat sedang pemeriksaan rutin ke dokter kandungan, JagaBayi menanyakan apakah bisa ibu hamil makan buah durian. Dokter mengatakan silahkan saja makan buah durian namun jangan sampai berlebihan. Namun jika tekanan darah Bunda cenderung tinggi maka dianjurkan tidak mengkonsumsi makanan yang bisa memicu naiknya tekanan darah.

Jangan konsumsi alkohol dan asap rokok
Dua bahan ini jelas diketahui sangat tidak baik untuk kesehatan. Dalam kondisi tidak hamil pun Bunda jangan mengkonsumsi alkohol dan rokok. Konsumsi alkohol mungkin bisa mudah dihindari, namun asap rokok lebih sulit karena bisa saja banyak orang disekitar Bunda yang merokok.

Jika suami Bunda seorang perokok, sekarang saatnya bunda meminta suami untuk tidak merokok dekat anda. Bahkan hal positif yang bisa dilakukan adalah saatnya mengajak suami berhenti merokok untuk kesehatan Bunda dan calon bayi.

Perawatan Kecantikan
Ibu hamil tentu harus tetap tampil cantik. Namun ada beberapa bahan kecantikan yang harus dihindari. Bahan kimia dalam kosmetik terbukti bisa berpengaruh langsung pada kesehatan janin. Bahan kosmetik yang mengandung retinoid (obat jerawat), merkuri harus dihindari. Bunda juga dianjurkan tidak dianjurkan mewarnai rambut. Intinya hindari bahan kosmetik yang mengandung zat kimia keras dan berbahaya.

Tampil sederhana tanpa makeup berlebihan tetap bisa membuat Bunda terlihat cantik.

Perawatan tubuh
Sama seperti perawatan kecantikan, beberapa perawatan tubuh dianjurkan tidak dilakukan saat hamil. Perawatan tubuh seperti olahraga berlebihan dan sauna masuk dalam daftar larangan ibu hamil.

Bunda yang sedang hamil bukan berarti tidak boleh berolahraga. Namun gerakan yang dilakukan jangan terlalu berlebihan. Pada usia kandungan diatas 8 bulan, ibu hamil dianjurkan berolahraga ringan seperti jalan pagi. Olahraga berlebihan membuat Bunda lelah dan beresiko untuk janin. Sedangkan sauna menggunakan suhu tinggi dan pastinya berpengaruh langsung pada janin dalam kandungan.

Demikian beberapa larangan ibu hamil yang harus diperhatikan saat hamil. Bunda wajib menjaga dan memperhatian kesehatan saat hamil. Larangan ibu hamil ini bukan hanya mitos namun terbukti secara medis.

Baca Juga
Panduan Lengkap Persiapan Melahirkan untuk Bunda Cerdas
Larangan Ibu Hamil yang Harus Dipatuhi Larangan Ibu Hamil yang Harus Dipatuhi Reviewed by Unknown on 08.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.